header ads

Peranan Hutan Tanaman Industri (HTI)


   Mungkin kebanyakan dari kita sering mendengar kata hutan tanaman industri, sawit adalah salah satu contohnya. Pada hakikatnya hutan tanaman industri (HTI) adalah sebidang luas daerah yang sengaja ditanami dengan tanaman industri (terutama kayu) dengan tipe sejenis dengan tujuan menjadi sebuah hutan yang secara khusus dapat dieksploitasi tanpa membebani hutan alami. Hutan Tanaman atau HTI adalah hutan tanaman yang dikelola dan diusahakan berdasarkan prinsip pemanfaatan yang optimal, dengan memperhatikan kelestarian lingkungan dan sumber daya alam. Konsep yang dipakai dalam HTI adalah merawat hutan dan mengambil manfaatnya jika sudah waktunya (bila yang diambil kayu, maka kayu akan diambil jika tanaman sudah cukup umur dan setelah diambil akan ditanam kembali degan tanaman yang baru/reboisasi).
            Dalam pembangunan nasional, sebagai yang digariskan dalam Peraturan Pemerintah No.7 tahun 1990, tujuan pengusahaan HTI adalah :
  1. Menunjang pengembangan industri hasil hutan dalam negeri guna meningkatkan nilai tambah dan devisa
  2.       Meningkatkan produktivitas lahan dan lingkungan, serta memperluas lapangan kerja dan lapangan usaha.

        walau dalam kenyataan yang kita lihat, HTI banyak sekali memberikan dampak yang negatif, seperti :
  1. Konflik atau sengketa kepemilikan karena tidak beresnya tatanan administrasi dan kinerja para aparatur pemerintah.  
  2. Pencemaran baik melalui udara, air dan tanah akibat Industri  pengololaan hasil Hutan Tanaman Industri dan masih banyak lagi
         Tapi sebenarnya HTI memiliki banyak sekali dampak positif, seperti HTI akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan karena HTI akan menciptakan beberapa industri baru seperti HTI kayu akan menghasilkan industri pembuatan papan dan jika papan tersebut disatukan dengan bahan lain seperti paku akan menghasilkan industri mebel dan masih bayak lagi industri baru yang akan diciptakan oleh HTI dan setiap indutri tersebut pasti membutuhkan karyawan sehingga akan banyak sekali lapangan pekerjaan yang tercipta. Selain itu setiap industri harus memberikan sebagian keuntungannya kepada pemerintah untuk mebangun fasilitas umum bagi masyarakat, coba lihatlah beberapa negara maju, disana lebih banyak industri dibandingkan kegiatan lain. Memang sekarang dapat dikatakan kemakmuran suatu negara dapat dilihat dari banyak industri dalam negara tersebut. Belum lagi manfaat yang didapat dari tanaman HTI seperti mencegah tanah longsor, banjir dan bahkan dapat menurangi pemanasan global. Tapi semua itu perlu kejujuran dan keterbukaan dari semua pihak, baik dari pengelola maupun dari pemerintah, jika tidak maka hasilnya akan buruk seperti yang kita lihat selama ini.

Post a Comment

0 Comments