header ads

Bukit Kendi (danau Cinta) Tanjung Enim : jalan menuju bukit kendi

Bukit Kendi merupakan salah satu bukit yang terdapat di tanjung enim. Bukit ini kurang dikenal oleh masyarakat SUM-SEL namun cukup terkenal di kalangan pendaki ataupun angota pramuka yang suka melakukan hiking, ini mungkin dikarenakan lokasi bukit yang terpencil yaitu didaerah bekas tambang batu bara milik PT. Bukit Asam, perlu diingat, untuk menuju destinasi ini maka kalian harus siap kecewa dan tersesat atau dengan kata lain tidak sampai tujuan karena destinasi ini masih tergolong baru dan banyak sekali rintangan karena berada dilokasi tambang. Terdapat 2 jalur untuk menuju bukit ini, pada postingan kali ini saya akan menerangkan jalur yang paling cepat dan paling sering dilewati untuk menuju Bukit Kendi atau Danau Cinta namun kalian dapat melewati jalur ini hanya bila kalian beruntung karena kata orang jalur ini sudah ditutup, jadi kalian dapat memakai jalur ke 2 dan melihat caranya DISINI. oke, mari kita bahas jalur yang pertama.
Untuk menuju bukit kendi atau danau cinta, kita harus menemukan taman PTBA di tanjung Enim, warga kabupaten Muara Enim pasti tahu dengan taman ini karena merupakan taman terkenal di Tanjung Enim dan sering dijadikan destinasi wisata warga. di depan taman PTBA terdapat jalan masuk yang ada pos satpam disebelahnya. (berikut adalah gambarnya)

Dari gambar pertama dapat dilihat bahwa taman Bukit Asam ada disebelah kanan, ikuti jalan yang ditunjuk tanda panah. biasanya ada para penjaga di pos ini aka kalian harus meminta izin, namun tidak jarang para penjaga tidak ada, maka kalian beruntung dan teruslah jalan. Perjalanan di mulai. Perjalanan ke danau cinta kira kira 1 jam perjalanan menggunakan sepeda motor. Kalian beruntung karena saya lihat jalan menuju bukit kendi sudah diaspal sehingga mempermudah perjalanan kalian, dulu waktu saya mendaki jalanan ini sangat buruk, penuh dengan bebatuan, motor kami pun tidak pernah berhenti bergoncang (yah kami sudah lama kesana, beberapa tahun yang lalu), tapi kalian juga perlu waspada karena menurut saya jalan yang diaspal belum sepenuhnya sampai ke Bukit jadi kaian perlu menyiapkan diri. Kembali lagi ke perjalanan, tak berapa lama setelah melewati pos, kalian akan melihat lapangan golf PTBA di sebelah kanan kalian maka teruslah jalan, agak jauh sesudahnya terdapat TPA (tempat pembuangan akhir), disini mungkin akan tercium bau busuk jadi bersabarlah, teruslah jalan, tak perlu hiraukan jalan2 kecil yang kalian temui selama perjalanan, cukup lama berjalan maka kalian akan sampai disebuah pertigaan jalan yang besar (“besar” disini bermaksud jalan yang sama seperti jalan yang kalian lewati, insting kalian diperlukan untuk mencari pertigaan in) maka beloklah kekanan, tak lama setelah itu kalian akan menemukan pertigaan lagi yang terdapat sebuah rumah atau gubuk, dulu (saat kami kesana) rumah tersebut dijaga oleh anjing, mungkin sekarang tidak, “mungkin”, digubuk ini beloklah kekanan (perlu diingat, jalan ini berada disebelah kanan gubuk atau rumah), kalian pun akan menemui pertigaan lagi, maka beloklah kekiri, terus jalan lurus sampai kalian menemukan padang rumput yang luas, sampai kalian berada diantara bukit Kendi dan danau Cinta. selanjutnya kalian akan menemukan...<<Lanjutkan Membaca>>>>.